Selasa, 11 Oktober 2011

Limelights - Untold Stories (Rekomendasi Album)



Berhubung belum ada satupun media ataupun jurnalis musik yang sudi ngasih komen ni album, akhirnya terpaksa ngasih testimoni sendiri. hehehe, narsis dikit... :p
Album ini adalah album ketiga  Limelights, setelah mini album pertamanya "Nine Lives" di tahun 2008 dan "Dawn and Twilight" di tahun 2009. Album yang proses pembuatannya ngabisin waktu sampe hampir 3 tahun ini isinya ada 4 lagu + 2 bonus track, dan semuanya bisa didownload di  link yang ada di dalam album. Nama "Untold Stories" diambil dari nama band ini sebelum berubah jadi Limelights. Intinya, lagu-lagu di album ini adalah beberapa cerita yang gak bisa kami ekspresikan di kehidupan nyata. Yaa, kalo secara psikologi, ni album adalah bentuk defense mechanism bernama substitution. Langsung aja kite bedah track-nya, cekidooot..

SPIRIT-HIGH

Single paling gahar dari seluruh lagu Limelights yang pernah dibuat. Ini juga merupakan lagu pertama yang kita sebagai satu band. Masih terasa banget sentuhan grunch-nya dari distorsi-distorsi gitar gue dan Fauzi. Makanya, buat beberapa orang, kita macam band grunge, hanya saja kami terlalu imut untuk dibilang gitu. Sandy juga gebukin tuh drum dengan mantap dan lugas. Sayang vokal Pandu belum bener-bener kebentuk di lagu yang direkam tahun 2009 ini. Lagu ini jadi lambang supremasi Limelights sebagai band rock, terutama waktu ngikutin World Rock Band Contest (kompetisi online konyol) dan berhasil dudukin chart nomor 1 dunia selama kurang lebih 1 bulan. Video Clip abal-abalan yang gue buat juga udah bisa diliat di Youtube. 

YOU DON'T KNOW WHAT IT'S LIKE (TO BE ME)

Lagu rock yang terkesan jazzy ini dibuat Sandy, the drummer. Inspirasinya dateng dari lagu-lagu The White Stripes. Gue menambahkan beberapa unsur blues gagal di bagian solo. Vokal Pandu yang padu sama beat drum bikin ni lagu asik buat goyang-goyang dikit. Yang agak mengganggu, versi lagu ini di album Untold Stories suaranya dibuat terkesan timbul tenggelam, beda dari versi Nine Lives, maupun versi Untold Stories sebelum diaransemen ulang. Untuk cerita dari lagu ini sendiri itu ngegambarin tentang gimana orang yang gak dapet empati dari orang sekitarnya, gak ada orang yang mengerti tentangnya, dan sebagai luapan perasaan yang meledak-ledak dengan merendahkan diri. Karena tiap lagu di album ini berhubungan, jadi ceritanya bakal berlanjut di lagu-lagu berikutnya. Tenang, kami gak nyebarin virus kepesimisan. hehe..

WHITE MARY

Mendengarkan lagu ini adalah cara menghabiskan waktu enam menit yang cukup aneh mungkin. Bagaimana sakitnya patah hati tergambar jelas di lagu ini. Bass Arfin dan drum Sandy yang buka lagu ini membuat terkesan gelap dan dramatis. Ditambah petikan gitar Fauzi di verse yang bikin "merinding" dengan efek reverb sederhananya. Solo gitar gue mencoba menyayat di tengah lagu. Tapi mungkin buat orang yang gak lagi patah hati, lagu ini cukup membosankan, hehehe. Bayangin aja lo selama enam menit terjebak dalam empat nada kromatis yang dimainin berulang-ulang. Video clip dari lagu ini dibuat Pandu dengan menggunakan beberapa karakter dari cerita Zanza-nya. Videonya bisa dipantengin di link ini.

BREATHE AWAY

Ah, sampe juga di lagu ini. Sejauh ini, secara pribadi, ini lagu favorit gue yang udah direkam sama band ini. Gitar akustik Pandu membuka lagu ini dengan syahdu (asek). Gradasi lagu yang lembut diawal sampe klimaks yang total megahnya, membuat  pendengar bisa dengan pelan masuk ke inti ceritanya, lalu terbawa emosinya. Warna lagunya emang mirip sama Alter Bridge dengan vokalis Nazril Ilham. Cerita lagu ini inspirasinya dateng waktu si Pandu ditinggal kuliah personil lainnya. hehe.

Oke, segitu dulu untuk album ini. Kalo mau tau gimana dua bonus track lainnya, dengerin aja di albumnya. Hehe. Sekadar bocoran dikit aja, dua bonus track itu judulnya “Anchors Aweigh!” dan “Breathe Away (Original Version). Silahkan aja jika mau bajak lagu kami. Tapi untuk yang mampu beli, wajib hukumnya untuk beli yang asli yak! Dan untuk para label dan produser yang keren, tolonglah bantu kami. T_T
Bisa tengok-tengok ke halaman kami untuk tahu lebih banyak:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar